Penguatan Kompetensi Evaluasi Pembelajaran melalui Kuliah Tamu Dosen Internasional dan Praktisi

05/06/2025 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Diksasindo), Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya, menyelenggarakan kuliah tamu dalam mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester empat dan menghadirkan dua praktisi sekaligus, yakni Prof. Dr. Harwati Hashim dari Universitas Malaya, Malaysia, serta Ikha Rizma Putri Rahayu, alumni Diksasindo yang kini berprofesi sebagai guru di SMPN 6 Batu.

Kuliah tamu bersama Prof. Dr. Harwati Hashim dilaksanakan dalam empat rangkaian pertemuan. Tiga pertemuan pertama, yakni pada 7, 14, dan 21 Mei 2025, dilakukan secara daring dengan pembahasan mengenai pengukuran tes melalui uji reliabilitas menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Sementara itu, pada 28 Mei 2025, pertemuan dilangsungkan secara luring di Aula FIB A dengan topik utama tentang perbedaan dan penerapan Penilaian Acuan Kriteria (PAK) dan Penilaian Acuan Norma (PAN).

Melalui perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa dapat menjadi lebih paham bagaimana membedakan antara nilai PAK (Peniliaian Acuan Kriteria) dan PAN (Penilaian Acuan Norma). Dalam perkuliahan ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga diajak untuk mengerjakan kuis berbasis studi kasus nyata di dunia pendidikan. Latihan-latihan ini dirancang sebagai bentuk refleksi dan penguatan pemahaman, sekaligus mengasah kemampuan berpikir kritis dan sikap profesional mahasiswa sebagai calon pendidik.
Usai perkuliahan dengan Prof Dr. Harwati Hashim, pada tanggal 28 Mei 2025 juga diselenggarakan kuliah tamu yang menghadirkan Ikha Rizma Putri Rahayu, salah satu alumni Diksasindo yang berprofesi sebagai guru di SMPN 6 Batu. Dalam pertemuan ini, menjelaskan tentang bagaimana sistematika evaluasi pembelajaran secara nyata di sekolah.

Dalam kuliah tamu bersama Ikha Rizma Putri Rahayu juga dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2025. Pertemuan kedua ini, mahasiswa mempraktekkan bagaimana cara membuat E-raport siswa sesuai dengan aturan pemerintah. Dimulai dengan cara menginput nilai, hingga ketentuan-ketentuan pemberian nilai dan keterangan yang perlu diperhatikan dalam sebuah raport. Dari praktik inilah, mahasiswa dapat belajar secara real time bagaimana pembuatan E-raport yang baik dan benar dalam dunia pendidikan.

“Seru sekali, saya harap akan ada kuliah tamu selanjutnya, agar kami bisa paham bagaimana keadaan yang benar-benar terjadi di lapangan sehingga nantinya kami benar-benar mempersiapkan diri untuk menjadi pendidik yang baik” ujar salah satu mahasiswa yang ikut serta dalam kuliah tamu tersebut.

Tujuan dari kuliah tamu ini adalah untuk memperluas wawasan dan memperkuat pemahaman mahasiswa semester empat mengenai konsep dan praktik evaluasi pembelajaran, terutama dalam membedakan PAK dan PAN serta penggunaan teknologi dalam uji reliabilitas. Kegiatan ini juga bertujuan melatih kemampuan analisis mahasiswa melalui kuis berbasis studi kasus serta membekali mereka dengan keterampilan praktis seperti penyusunan E-raport, agar lebih siap menjadi pendidik profesional, adaptif, dan tangguh di lapangan.

Harapannya, melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu menerapkannya secara langsung dalam konteks pendidikan yang sesungguhnya. Mahasiswa diharapkan lebih percaya diri dan siap menghadapi dunia kerja, khususnya dalam melakukan evaluasi pembelajaran secara tepat dan profesional. Selain itu, kuliah tamu ini juga diharapkan dapat membentuk karakter pendidik yang kritis, reflektif, dan tanggap terhadap perkembangan teknologi serta dinamika kebijakan pendidikan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Scroll to top